• .::::: J A M :::::.

  • MENU

  • KATEGORI TULISAN

  • POLLING

RENCANA STRATEGIS

            VISI

                        Untuk mengantisipasi tantangan dan perkembangan kedepan, Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Enrekang yang merupakan salah satu lembaga  Pemerintah daerah Kabupaten Enrekang perlu terus menerus mengembangkan peluang dan melakukan perubahan kearah perbaikan seiring dengan meningkatnya persaingan, tantangan dan tujuan masyarakat akan pelayanan prima  sehingga mendorong lembaga ini untuk senantiasa  mempersiapkan  diri agar tetap eksis dalam proses pembangunan, perubahan tersebut perlu dilakukan  secara bertaha, terencana,konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akuntabitas kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil dan atau manfaat.

                        Visi yang merupakan cara pandang jauh kedepan tentang kemana Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Enrekang akan diarahkan dan apa yang akan dicapai.Adapun Visi Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Enrekang adalah

” Terwujudnya Pengelolaan Keuangan yang efisien,efektif, akuntabel dan transparan ”



             Misi

Misi merupakan sesuatu yang harus diermban atau dilaksanakan oleh Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Enrekang, sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan. Dengan pernyataan  misi diharapkan seluruh Pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengetahui dan mengenal keberadaan dan peran Badan pengelola Keuangan daerah Kabupaten Enrekang dalam  penyelenggaraan otonomi daerah Kabupaten Enrekang secara khusus dan penyelenggaraan Negara secara Umum.Misi sesuai dengan tugas pokok dengan  memperhatikan masukan pihak –pihak yang berkepentingan  dan memberikan peluang untuk perubahan sesuai perkembangan lingkungan stratejik yang dihadapi, oleh karena itu Misi Badan pengelola Keuangan daerah Kabupaten Enrekang adalah

Mengoptimalkan pendapatan dan meningkatkan pengendalian pengelolaan keuangan daerah yang didukung oleh penatausahaan yang tertib serta meningkatkan kerja sama dengan piahk terkait demi kelancaran peneyelenggaraan otonomi daerah”.

      


     Tujuan

Tujuan yang merupakan sesuatu apa yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 ( satu ) sampai dengan 5 ( Lima ) tahunan.tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan Visi.Misi serta didasarkan pada isi-isu dan analisis stratejik. Dan dapat menunjukkan suatu kondisi yang ingin dicapai di masa mendatang dan tidak harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif.Tujuan diharapkan dapat mengarahkan pada rumusan sasaran, kebijaksanaan, program dan kegiatan dalam rangka merealisasikan misi.

Berkaitan dengan hal terbut diatas, maka Tujuan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Enrekang adalah ” Menghasilkan rumusan kebijakan untuk meningkatkan kemampuan pengelola  keuangan daerah demi terwujudnya optimalisasi pendapatan daerah dengan pengendalian  keuangan daerah dan administrasi yang mantap ”.


           Strategi

Untuk menentukan  strategi yang tepat   untuk mencapai tujuan program dan kegiatan dalam  rangka  mewujudkan visi dan menyebarkan misi BPKD, perlu  dilakukan analisis lingkungan  strategi ( Analisa lingkungan internal dan External ) . Untuk itu langkah – langkah untuk mencapai tujuan :

 -  Diharapakan Dapat mengusai  Tugas pokok dan fungsi  dari masing –masing  bidang.

- Diharapkan adanya kerja sama antar Bidang dan sub bidang.

- Sarana dan prasarana administrasi dalam pengelolaan keuangan memadai.

- Peraturan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk tehnis pengelolaan keuangan tersedia.

- Diharapakan supaya terciptanya budaya dan motivasi kerja yang tinggi.

           

           Kebijakan

Kebijakan  pada dasarnya merupakan ketentuan – ketentuan  yang telah ditetapkan oleh pejabat yang berwenang untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk dalam pengembangan ataupun pelaksanaan program / kegiatan demi tercapainya  kelancaran dan keterpaduan dalam perwujudan sasaran, tujuan  serta visi dan misi Badan Pengelola Keuangan daerah Kabupaten Enrekang.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka badan pengelola keuangan daerah Kabupaten Enrekang telah  menetapkan kebijaksanaannya dalam pelaksanaan program untuk tahun 2009 sebagai berikut :

  1. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 tentang Pedoman Pengurusan, pertanggungjawaban dan Pengurusan Keuangan daerah serta tata Cara Penyusunan APBD, Pelaksanaan Tata Usaha Keuangan Daerah dan Penyusunan Perhitungan APBD.
  2. Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2002 tentang Tata Cara pengelolaan dan pertanggungjawaban Keuangan Daerah.
  3. Meningkatkan efisien,efektif dan ekonomis dalam pengelolaan Keuangan daerah.
  4. Meningkatkan kualitas SDM pengelola Keuangan Daerah.
  5. Meningkatkan intensifikasi dan Ekstensifikasi Pendapatan Daerah.
  6. Meningkatkan Sarana dan Prasarana Aparatur Pengelola Keuangan Daerah.
  7. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.
  8. Undang –undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan daerah.
  9. Peraturan Pemerintah Nomor 105 Tahun 2000 tentang Pengelolaan dan pertanggungjawaban Keuangan daerah.
  10. Peraturan pemerintah Nomor 11 Tahun 2001 tentang informasi Keuangan daerah.
  11. Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Peraturan pemerintah Nomor 104 tahun 2000 tentang Dana Perimbangan.
  12. Peraturan Pemerintah Nomor 108 tahun 1999 tentang Tata Cara Pertanggungjawaban Kepala Daerah.
  13. Keputusan Mendagri Nomor 11 tahun 2001 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Daerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: